Gak Cuma Ponsel, Sekarang Rumah juga bisa Pintar

Gak Cuma Ponsel, Sekarang Rumah juga bisa Pintar

Pernah lihat dong Tony Starks, milyuner eksentrik dengan kepiawaian menggunakan teknologi untuk bikin robot keren sekaligus Super Hero, Iron Man. Tahu dong..Tokoh Pahlawan super dan Kostum keren Starks  itu ditenagai dengan teknologi yang super canggih dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) yang dinamai Jarvis. Didalam film Marvel, Jarvis merupakan program cerdas yang bisa menkoneksikan beragam fitur-fitur canggih yang dimiliki Starks dirumahnya.Tentunya, termasuk menjadi asisten bagi sang Iron Man.

Jarvis yang merupakan akronim dari Just Another Rather Very Intelligent System, atau sistem lain yang agak sangat cerdas ini. Ya, mungkin kamu mengira tokoh Jarvis cuma ada di film Marvel saja. Siapa yang menyangka Jarvis dapat diwujudkan dalam kehidupan keseharian di rumah. Dikutip dalam laman facebook pribadi Mark Zuckenberg, Bos Facebook pada akhir 2016 lalu membuat video mengenalkan “Jarvis” menggunakan aplikasi melalui smartphone nya untuk mengontrol pekerjaan rumah seperti menyalakan dan mematikan lampu, menyetel musik,  pemanggang roti dan bahkan mengenali tamu dan membukakan pintu untuknya. Aplikasi tersebut menggunakan App Messenger Bot and iOS Voice yang dirancang dengan teknologi AI sistem.

Seru banget dong ya rumah kita bisa di kontrol pakai teknologi “Jarvis” begitu. Eits, tapi jangan salah. Teknologi ini tidak hanya dinikmati dinegara maju sana saja. Di negara kita, Indonesia akses teknolgi tersebut semakin mudah dijangkau, teknologi yang juga dikenal sebagai rumah pintar (Smart home) ini mengandalkan penggunaan smartphone dan jaringan internet.

 

Smart Home

Teknologi smarthome ini dimulai sejak 1975an saat itu dinamai Teknologi X10 menggunakan serangkaian perangkat radio frekuensi 120kHz mengirimkan sinyal untuk memutus aliran listrik untuk menyalakan atau mematikan lampu.

Kini, Smart Home atau smart automation menggunakan koneksi-Internet dalam menghubungkan beberapa devices (gawai) untuk mengkontrol dan monitoring beragam perangkat seperti lampu dan AC. Sistem Rumah Pintar  ini merupakan bagian dari penggunaan aplikasi di smartphone melalui  jaringan internet. Beragam vendor sudah banyak menawarkan sistem Rumah Pintar. Sebut saja seperti Vibre Smart Home yang menawarkan konektivitas beragam perangkat melalui genggaman (smarphone). Seperti akses untuk CCTV (keamanan), Menyalakan Air Conditioner, Remote control beragam perangkat (TV, DVD, dlsb).

Kabar baiknya Konsep rumah pintar ini juga akan di adaptasikan untuk hunian cluster ekslusif oleh Lentras Properti (IG: @lentrasproperti) bekerjasama dengan Mabersa Land. Hunian cluster yang diberi nama Kanaya House ini berlokasi di kawasan berkembang di Cilangkap, Depok. Hunian ini akan menjadi alternatif kamu untuk menikmati konsep Rumah Pintar (SmartHome) sekaligus terhubung dengan konektivitas hidupmu karena akses strategis dekat dengan jalur Commuterline, LRT, dan Jalan Tol.

 

Penulis : Ariawiyana